Cara Mudah Perpanjangan STNK (Pajak Tahunan) Kendaraan Bermotor Tanpa Harus Lewat Calo

 Rumahgokil.com - Cara mudah perpanjangan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan). STNK merupakan surat resmi yang di keluarkan SAMSAT sebagai identitas kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat. Jika anda bepergian menggunakan kendaraan bermotor anda wajib membawa STNK dan SIM. Jika anda tidak membawa STNK anda akan di anggap melarikan kendaraan orang lain atau di anggap motor curanmor meskipun anda sudah membawa SIM. Jadi keduanya yaitu SIM dan STNK sama pentingnya sebagai syarat wajib yang harus anda bawa pada saat membawa kendaraan bermotor.


        Sebagai warga negara yang baik dan taat membayar pajak. Kita diwajibkan membayar pajak tahunan maupun pajak lima tahunan. Anda harus tepat waktu dalam membayar pajak kendaraan bermotor karena jika telat dari tanggal jatuh tempo anda akan kena denda. Jadi segera bayar pajak kendaraan anda tepat waktu. Karena pajak dari kita untuk pembangunan daerah kita agar lebih maju dan lebih baik. 

Berikut syarat-syarat yang harus anda bawa saat membayar pajak tahunan (perpanjangan STNK) dan pajak lima tahunan (ganti plat nomer kendaraan)

1.Perpanjangan STNK Tahunan
~ STNK asli + fotokopi
~ BPKB asli
~ KTP asli + fotokopi sesuai nama di STNK dan BPKB
Catatan : Jika BPKB asli tidak ada karena untuk jaminan BANK atau masih di leasing. Anda harus menyertakan fotokopi BPKB dengan stempel dari BANK atau dari leasing yang bersangkutan.

2.Perpanjangan STNK lima tahunan
~ Bukti cek fisik kendaraan
~ STNK asli + fotokopi
~ BPKB  asli + fotokopi
~ KTP asli + fotokopi sesuai nama pada STNK dan BPKB

Berikut proses perpanjangan STNK yang harus anda lalui adalah sebagai berikut :
1)Cek persyaratan oleh petugas yang sudah saya sebutkan tadi di atas.
2) Minta stop map warna hijau di depan pintu masuk dan masukkan semua persyaratan yang anda bawa.
3) Jika anda membawa BPKB asli tunjukkan kepada petugas, tetapi jika hanya fotokopi BPKB anda harus menyertakannya didalam stop map tadi.
4) Serahkan berkas yang sudah anda bawa tadi ke loket pelayanan pendaftaran dan penetapan.
5) Tunggu sampai nama anda di panggil dan akan mendapatkan nomer antrian.
6) Setelah mendapatkan nomer antrian, tunggu sampai nomer antrian anda di panggil Oleh petugas bank untuk menyelesaikan pembayaran. Sambil menunggu anda dapat melihat informasi pada layar televisi mengenai berapa besar pajak yang harus anda bayar. Di layar akan tertera nama dan jumlah yang harus anda bayar.
7) Setelah nomer antrian anda di panggil anda harus membayar pajak kendaraan sesuai yang tercantum pada STNK anda.
8) Setelah membayar pajak kendaraan anda akan menerima bukti pembayaran STNK kemudian bawa ke loket penyerahan STNK.
9) Tunggu sampai nama pada STNK anda di panggil.
10) Anda akan menerima 2 lembar STNK yang satu adalah pajak tahunan dan satunya lagi adalah pajak 5 tahunan.
Catatan : untuk proses lima tahunan setelah selesai pembayaran STNK . Bawa bukti pembayaran ke loket TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) untuk mengambil plat nomer yang baru.

 Demikian gambaran proses cara perpanjangan STNK atau pajak tahunan. Artikel ini saya tulis dari pengalaman saya sendiri. Pelayanan di SAMSAT alhamdulillah sangat memuaskan. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu anda mencari informasi yang yang jelas. Agar anda tidak bertanya-tanya lagi bagaimana caranya perpanjangan STNK tahunan dan perpanjangan STNK lima tahunan. Baca juga Tata cara membuat SIM C yang baik dan benar. Terimakasih.

0 Response to "Cara Mudah Perpanjangan STNK (Pajak Tahunan) Kendaraan Bermotor Tanpa Harus Lewat Calo"

Post a Comment