Keindahan Wisata Alam Goa Kreo Dan Waduk Jatibarang Di Semarang

         Rumahgokil.com - Wisata alam goa kreo dan waduk jatibarang semarang jawa tengah. Goa kreo adalah sebuah goa yang merupakan petilasan sunan kalijaga. Pada sebuah legenda dikisahkan sunan kalijaga yang mencari pohon jati sebagai soko masjid agung Demak. Dalam perjalanannya sunan kalijaga menemukan sebuah pohon jati besar. Ketika di potong dan dihanyutkan menyusuri sungai menuju Demak terjepit diantara bebatuan. Segala upaya telah dilakukan. Namun selalu menemui kegagalan.

WISATA GOA KREO
Patung Kera Di Pintu Masuk Wisata Goa Kreo

Dalam bertafakur di goa memohon kerindhoan ALLAH SWT datanglah sekawanan kera berwarna merah, hitam, putih dan kuning untuk membantu kesulitan yang sedang dihadapi oleh sunan kalijaga. Akhirnya kayu tersebut berhasil dihanyutkan. Kemudian sunan kalijaga melanjutkan perjalanan menuju ke Demak. Empat ekor kera tersebut bermaksud mengikuti sunan kalijaga namun tidak diperkenankan karena diberi tugas menjaga kayu jati tersebut (Mangreho). Sedangkan kata kreo sendiri berasal dari "MANGREHO" yang berarti peliharalah atau jagalah. Dari kata mangreho secara turun-temurun oleh masyarakat sekitar akrab disebut goa kreo yang sampai sekarang ini dijaga oleh masyarakat sekitar.

Patung Kera


Kawasan wisata goa kreo semarang ini tepatnya berada di dukuh Talun Kacang, desa Kandri kecamatan Gunung Pati Semarang. Dengan hanya membayar tiket masuk sebesar Rp.8000,- saja untuk satu kendaraan roda dua anda dapat memasuki kawasan wisata goa kreo. Di pintu masuk anda akan disambut sebuah patung kera yang besar sebagai simbol kera penghuni goa kreo tersebut.

Untuk mencapai goa anda harus melewati anak tangga yang menurun. Anda dapat menikmati keindahan waduk jatibarang disekitar area goa kreo.Kemudian anda harus melewati jembatan yang menghubungkan antara anak tangga menuju ke goa kreo. Anda akan disambut banyak sekali kera disekitar jalan dan jembatan. Sambil menikmati keindahan alam anda dapat mengabadikan momen dengan berfoto selfi, bersama keluarga dan teman-teman anda.

Wisata goa kreo saat ini sangat jauh berbeda jika dibandingkan jaman dahulu sebelum dibangun waduk jatibarang. Di sepanjang jalan menuju ke goa kreo masih terdapat banyak sekali pepohonan rindang. Namun setelah dibangun waduk jatibarang yang pembangunannya dimulai pada bulan oktober 2009 kini kondisi alam disekitarnya telah berubah. Waduk jatibarang ini berfungsi untuk pengendali banjir di kota semarang, menjaga ketersediaan air minum, serta bermanfaat sebagai pembangkit listrik. Waduk jatibarang ini memiliki luas sekitar 46,56 Hektar. Di kawasan waduk jatibarang juga terdapat wisata air dengan naik speedboat.

Berikut foto perbedaan obyek wisata goa kreo sebelum di bangun waduk jatibarang dan sesudah di bangun waduk.
Foto kawasan wisata goa kreo sebelum dibangun waduk jatibarang
Picture by Seputarsemarang.com
Foto kawasan wisata goa kreo setelah dibangun waduk jatibarang

Jembatan kawasan wisata goa kreo
Foto kera gokil

Saat berada di kawasan wisata goa kreo anda akan di sambut banyak sekali kera yang berkeliaran. Meskipun kera-kera ini sudah jinak namun anda juga tetap hati-hati dan waspada terhadap barang yang anda bawa terutama makanan dan minuman. Lebih baik anda simpan makanan dan minuman anda di dalam tas. Karena bisa saja kera yang berkeliaran disekitar anda merebut dan mengambil makanan atau minuman yang anda bawa.

Di obyek wisata goa kreo juga terdapat fasilitas seperti mushola, kamar mandi dan wc umum. Di kawasan wisata ini juga terdapat penjualan makanan dan minuman. Jadi bagi anda yang capek dan lapar setelah perjalanan jauh anda bisa mampir ke warung di sekitar area wisata goa kreo sambil menikmati keindahan alam.

       Demikian informasi terbaru tentang obyek wisata goa kreo dan waduk jatibarang. Baca juga Keunikan Dan Kemegahan Gallery Wisata Religi Masjid Agung Jawa Tengah. sebelum anda berangkat berlibur baiknya anda berdoa terlebih dahulu agar selamat sampai tujuan. Selamat menikmati liburan anda. Jika artikel ini bermanfaat untuk anda jangan lupa share juga ke teman-teman anda di media sosial. Terimakasih.

0 Response to "Keindahan Wisata Alam Goa Kreo Dan Waduk Jatibarang Di Semarang"

Post a Comment